Senin, 23 Desember 2013 | By: Unknown

Mencoba Meretas Makna Surat Alfatihah

ALFATIHAH adalah sebuah surat yang dimuliakan oleh Allah dengan menjadi surat yang wajib dibaca sebagai satu diantara rukun sahnya salat. Ada apa dengan Alfatihah? Kenapa ia dinamakan demikian padahal tidak ada ayat yang ada dalam surat ini yang menyebutkan Alfatihah?
Menurut yang saya yakini tidak akan mungkin sesuatu itu dinamakan tanpa maksud didalamnya. sehingga apa yang pernah saya temukan coba saya bahas disini.
ALFATIHAH merujuk kepada nama-nama yang dimaksud “sirat-al mustaqim” (jalan orang-orang yang lurus). Nah jalan yang lurus dimaksud disana dijelaskan dalam penggalan ayat selanjutnya. “Sirat al-ladzina an amta alaihim. Ghoyiril magduw’bi alaihim wa la dholliyna.” (yaitu, jalan orang-orang yang engkau beri nikmat kepada mereka, bukan jalan mereka yang dimurkai dan bukan pula jalan mereka yang sesat).
ALFATIHAH disini adalah penggalan nama-nama (mereka) yang dimaksud sebagai jalan yang lurus. “Alif” “Lam” “Fa” “Ta” “Ha” Ha”. Mereka adalah nama-nama Ahlu Kisa’ yang disebutkan dalam beberapa hadis, ataupun Ahl Bayt yang dimaksud dalam Surat Al Ahzab:33. Mereka adalah ALMUSATAFA, ALI, FATIMAH, HASAN DAN HUSAIN.
Mereka adalah orang-orang yang diperuntukkan sebuah surat, orang-orang yang jalannya kita minta ditunjuki oleh Allah setiap kali memulai salat kita.
Mereka adalah orang-orang yang disampaikan salawat (salam keselamatan) atasnya setiap akan mengakhiri salat kita. Betapa tinggi dan suci derajat mereka di sisi Allah dan manusia, sehingga sebuah surat diperuntukkan atas mereka dan menjadi rukun dalam salat. Nama-nama yang selalu dido’akan dalam salawat yang tidak sah salat tanpa salawat.
Lalu dimanakah kita tempatkan posisi mereka jika bukan pada kemulian dan mencari jalan yang telah mereka tempuh? #Renungkanlah!!!

0 komentar:

Posting Komentar